Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, hasil
belajar peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran tematik tema 1 diriku.
Kedua, langkah-langkah penerapan metode game based learning berbantuan
alat peraga block dienes terhadap hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik tema 1 diriku. Ketiga, hasil belajar peserta didik kelas
Treatment pada pembelajaran tematik tema 1 diriku. Keempat, pengaruh hasil
belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas Treatment pada
pembelajaran tematik tema 1 diriku kelas 1 SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun
ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang
digunakan adalah metode quasi Treatmenttal dengan desain penelitian time
series design with control dan nonequivalent control group design. Lokasi
penelitian ini bertempat di SD Negeri 6 Sungai Kakap dengan sumber data
yaitu 60 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes
essay, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Tekhnis analisis data
yang digunakan adalah analisis instrumen data (validitas dan reliabilitas),
analisis deskriptif (mean dan presentase), analisis pengaruh (uji normalitas,
uji varians, uji-t, analisis regresi linier sederhana).
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat
disimpulkan: Pertama, hasil belajar matematika materi penjumlahan dan
pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri 6 Sungai Kakap yaitu kelas
kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 51,21 dan nilai rata-rata posttest nya
61,72 terjadi peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 10,51%. Kedua,
penggunaan metode game based learning berbantuan alat peraga block dienes
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD
Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023 telah terlaksana sebesar
83,33%. Ketiga, nilai rata-rata pretest Treatment yaitu 46,77 dan nilai ratarata posttest 61,61 maka terdapat peningkatan antara pretest dan posttest di
kelas Treatment sebesar 14,84 %. Keempat, tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara penggunaan metode game based learning berbantuan alat
peraga block dienes terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas I
SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023, hal ini dibuktikan dari
uji F simultan yang ditampilkan memperlihatkan tingkat signifikansi 0,985b
> 0,05 dan nilai F hitung 0,000 < 4,196 maka H0 diterima.