PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 6 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.author Roshinta, Roshinta
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:54:43Z
dc.date.available 2023-09-21T06:54:43Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3749
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran tematik tema 1 diriku. Kedua, langkah-langkah penerapan metode game based learning berbantuan alat peraga block dienes terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 1 diriku. Ketiga, hasil belajar peserta didik kelas Treatment pada pembelajaran tematik tema 1 diriku. Keempat, pengaruh hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dengan kelas Treatment pada pembelajaran tematik tema 1 diriku kelas 1 SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi Treatmenttal dengan desain penelitian time series design with control dan nonequivalent control group design. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 6 Sungai Kakap dengan sumber data yaitu 60 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, lembar observasi, dan pedoman dokumentasi. Tekhnis analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen data (validitas dan reliabilitas), analisis deskriptif (mean dan presentase), analisis pengaruh (uji normalitas, uji varians, uji-t, analisis regresi linier sederhana). Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan: Pertama, hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri 6 Sungai Kakap yaitu kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 51,21 dan nilai rata-rata posttest nya 61,72 terjadi peningkatan dari data pretest ke posttest sebesar 10,51%. Kedua, penggunaan metode game based learning berbantuan alat peraga block dienes terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023 telah terlaksana sebesar 83,33%. Ketiga, nilai rata-rata pretest Treatment yaitu 46,77 dan nilai ratarata posttest 61,61 maka terdapat peningkatan antara pretest dan posttest di kelas Treatment sebesar 14,84 %. Keempat, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode game based learning berbantuan alat peraga block dienes terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas I SD Negeri 6 Sungai Kakap tahun ajaran 2022/2023, hal ini dibuktikan dari uji F simultan yang ditampilkan memperlihatkan tingkat signifikansi 0,985b > 0,05 dan nilai F hitung 0,000 < 4,196 maka H0 diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Game Based Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH METODE GAME BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA BLOCK DIENES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 6 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account