Abstract:
Latar belakang dari penelitian ini ialah ditemukannya masalah pada peserta
didik kelas II di MIN 2 Pontianak tentang mencari hasil dari soal materi operasi
hitung penjumlahan tiga angka pada mata pelajaran Matematika. Dengan demikian,
peneliti memberikan solusi dalam belajar mengajar yaitu mengajarkan materi
dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan dengan media pohon pintar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang
tidak menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar di kelas II
MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, Prestasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang
menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar di Kelas II MIN
2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang tidak
menggunakan dan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon
pintar di Kelas II MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di MIN 2
Pontianak, Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Sumber datanya adalah
peserta didik kelas II. Teknik penelitian berupa observasi, pengukuran dan
dokumentasi dan alatnya berupa lembar observasi, tes/lembar soal dan kamera.
Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisi
inferensial.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: Pertama, prestasi belajar peserta
didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2 Pontianak yang tidak
menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar Tahun Pelajaran
2022/2023 diperoleh nilai prestasi belajar rata-rata sebesar 76 berada pada kategori
Baik. Kedua, peserta didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2
Pontianak yang menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar
Tahun Pelajaran 2022/2023 diperoleh nilai prestasi belajar rata-rata sebesar 92,2
berada pada ketagori Sangat Tinggi. Ketiga, terdapat perbedaan prestasi belajar
peserta didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2 Pontianak yang
tidak menggunakan dan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media
pohon pintar Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditunjukkan dengan nilai 92,2-76=
16,2 yang memiliki taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05.