PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Hanifa, Roaina
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:01:19Z
dc.date.available 2023-09-21T06:01:19Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3748
dc.description.abstract Latar belakang dari penelitian ini ialah ditemukannya masalah pada peserta didik kelas II di MIN 2 Pontianak tentang mencari hasil dari soal materi operasi hitung penjumlahan tiga angka pada mata pelajaran Matematika. Dengan demikian, peneliti memberikan solusi dalam belajar mengajar yaitu mengajarkan materi dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan dengan media pohon pintar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang tidak menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar di kelas II MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar di Kelas II MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan tiga angka yang tidak menggunakan dan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar di Kelas II MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di MIN 2 Pontianak, Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak. Sumber datanya adalah peserta didik kelas II. Teknik penelitian berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi dan alatnya berupa lembar observasi, tes/lembar soal dan kamera. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisi inferensial. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: Pertama, prestasi belajar peserta didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2 Pontianak yang tidak menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar Tahun Pelajaran 2022/2023 diperoleh nilai prestasi belajar rata-rata sebesar 76 berada pada kategori Baik. Kedua, peserta didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2 Pontianak yang menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar Tahun Pelajaran 2022/2023 diperoleh nilai prestasi belajar rata-rata sebesar 92,2 berada pada ketagori Sangat Tinggi. Ketiga, terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik pada materi penjumlahan tiga angka di kelas II MIN 2 Pontianak yang tidak menggunakan dan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media pohon pintar Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditunjukkan dengan nilai 92,2-76= 16,2 yang memiliki taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Media Pohon Pintar en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA PESERTA DIDIK YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account