Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan
tentang: 1) kemampuan menulis permulaan peserta didik sebelum
digunakannya media gambar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak; 2) penggunaan media
gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul
Ulama II Pontianak; 3) kemampuan menulis permulaan peserta didik sesudah
digunakannya media gambar dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia di
Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak; 4) peningkatan
kemampuan menulis permulaan peserta didik dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Nahdlatul
Ulama II Pontianak dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas I. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obeservasi dan rubrik
penilaian. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif
kuantitatif
Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa kemampuan menulis
permulaan peserta didik sebelum menggunakan media gambar pada pra siklus
memperoleh nilai rata-rata 52,07 dengan persentase 32% peserta didik tuntas
dan 68% peserta didik tidak tuntas. Adapun setelah menggunakan media
gambar pada kegiatan siklus I, diperoleh nilai rata-rata 68,07 dengan
persentase 50% peserta didik mencapai nilai tuntas. Kemudian, pada siklus
II diperoleh nilai rata-rata 86,93 dengan persentase 86% peserta didik
mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II
ini dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari
penggunaan media gambar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji signifikan
yang menyatakan bahwa hasil uji t = -5.036 diketahui nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas I di MI Nahdlatul Ulama
II Pontianak sebelum dan sesudah menggunakan media gambar.