PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI NAHDLATUL ULAMA II PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Raudlah, Siti
dc.contributor.author Mursahe, Rizkya
dc.date.accessioned 2023-09-21T05:32:47Z
dc.date.available 2023-09-21T05:32:47Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3747
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan tentang: 1) kemampuan menulis permulaan peserta didik sebelum digunakannya media gambar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak; 2) penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak; 3) kemampuan menulis permulaan peserta didik sesudah digunakannya media gambar dalam Mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak; 4) peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama II Pontianak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Nahdlatul Ulama II Pontianak dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas I. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obeservasi dan rubrik penilaian. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa kemampuan menulis permulaan peserta didik sebelum menggunakan media gambar pada pra siklus memperoleh nilai rata-rata 52,07 dengan persentase 32% peserta didik tuntas dan 68% peserta didik tidak tuntas. Adapun setelah menggunakan media gambar pada kegiatan siklus I, diperoleh nilai rata-rata 68,07 dengan persentase 50% peserta didik mencapai nilai tuntas. Kemudian, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,93 dengan persentase 86% peserta didik mencapai nilai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II ini dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penggunaan media gambar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji signifikan yang menyatakan bahwa hasil uji t = -5.036 diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas I di MI Nahdlatul Ulama II Pontianak sebelum dan sesudah menggunakan media gambar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Permulaan en_US
dc.subject Media Gambar en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI MI NAHDLATUL ULAMA II PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account