Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1)
Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan mind mapping dengan
media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya. 2) Pelaksanaan
penggunaan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi
panas dan perpindahannya. 3) Prestasi belajar peserta didik setelah
menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi
panas dan perpindahannya. 4) Peningkatan prestasi belajar peserta didik
setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar
materi panas dan perpindahannya kelas V di SD Negeri 14 Pontianak Kota
Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 14 Pontianak Kota
dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data
berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa
lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, lembar kelengkapan dokumen
dan mechanical device berupa hp. Analisis data berupa analisis persentase
dan mean.
Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti memyimpulkan
bahwa:1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan metode mind
mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya
kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada
prasiklus adalah 8,7% kurang peserta didik yang tuntas sedangkan peserta
didik yang tidak tuntas sebesar 91,3% tinggi. 2) Pelaksanaan penggunaan
metode mind mapping dengan media kartu bergambar peserta didik kelas V
SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada siklus I
dapat terlaksana 85% sedang dan siklus II terlaksana 95% tinggi dari
langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) Prestasi belajar peserta
didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu
bergambar materi panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 14
Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah 43,5%
rendah peserta didik dan siklus II adalah 95,6% tinggi peserta didik yang
mencapai nilai tuntas. 4) Peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah
menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi
panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun
Pelajaran 2022/2023 adalah dari siklus I ke Siklus II mengalami
peningkatan sebesar 52,1%.