PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 14 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Hidayah, Nurul
dc.date.accessioned 2023-09-21T03:20:28Z
dc.date.available 2023-09-21T03:20:28Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3744
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan mengenai: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya. 2) Pelaksanaan penggunaan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya. 3) Prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya. 4) Peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya kelas V di SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD Negeri 14 Pontianak Kota dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar soal pilihan ganda, lembar observasi, lembar kelengkapan dokumen dan mechanical device berupa hp. Analisis data berupa analisis persentase dan mean. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka peneliti memyimpulkan bahwa:1) Prestasi belajar peserta didik sebelum menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada prasiklus adalah 8,7% kurang peserta didik yang tuntas sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebesar 91,3% tinggi. 2) Pelaksanaan penggunaan metode mind mapping dengan media kartu bergambar peserta didik kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada siklus I dapat terlaksana 85% sedang dan siklus II terlaksana 95% tinggi dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) Prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 pada siklus I adalah 43,5% rendah peserta didik dan siklus II adalah 95,6% tinggi peserta didik yang mencapai nilai tuntas. 4) Peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode mind mapping dengan media kartu bergambar materi panas dan perpindahannya kelas V SD Negeri 14 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah dari siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 52,1%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Mind Mapping en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Kartu Bergambar en_US
dc.title PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 14 PONTIANAK KOTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account