Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kesulitan guru dalam
perencanaan pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyyah Sabilal Muhtadin
Kabupaten Kapuas Hulu. (2) Kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
tematik di Madrasah Ibtidaiyyah Sabilal Muhtadin Kabupaten Kapuas Hulu. (3)
Kesulitan guru dalam evaluasi pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyyah
Sabilal Muhtadin Kabupaten Kapuas Hulu. (3) Cara guru mengatasi kesulitan pada
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada pembelajaran tematik di Madrasah
Ibtidaiyyah Sabilal Muhtadin Kabupaten Kapuas Hulu.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik pemeriksaan keabsahan data yang
dilakukan dalam penelitian ini yaitu triangulasi dan member check. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kesulitan dalam membuat
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kompetensi Inti (KI), Kompetensi
Dasar (KD), maupun indikator lainnya, karena belum pernah mengikuti atau
diadakan pelatihan tentang pembuatan RPP. Kedua kesulitan dalam pembuatan
media pembelajaran. (2) kesulitan pada saat menerapkan model pembelajaran
tematik karena kurangnya pelatihan guru dan peserta didik pun sulit untuk
memahami model pembelajaran tematik tersebut, sehingga kembali menerapkan
model pembelajaran KTSP. (3) Tidak mengalami kesulitan yang signifikan pada
evaluasi pembelajaran tematik, akan tetapi guru hanya menilai pengetahuan
peserta didik saja yakni dengan menggunakan soal pilihan ganda atau essay yang
ada di buku pelajaran. (4) Cara mengatasi kesulitan dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran ialah belajar lebih tentang pembuatan
RPP, belajar tentang pembuatan media yg menarik dan edukatif agar peserta didik
tertarik atau lebih semangat pada saat pembelajaran berlangsung, lebih
memperhatikan dan mengembangkan evaluasi pembelajaran pada peserta didik.