Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan permasalahan pada kelas V
SD Negeri 01 Rawak Hulu Kabupaten Sekadau pada kemampuan bercerita di
tema 6 sub tema 4. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
bercerita peserta didik melalui penerapan strategi think-talk-write berbantuan
media video animasi pada tema 6 sub tema 4 di kelas V SD Negeri 01 Rawak
Hulu Kabupaten Sekadau.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian kelas yang
kolaboratif. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1)
perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi dan tindak lanjut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes unjuk
kerja dan dokumentasi. Teknik analisisnya dengan cara kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) kemampuan
bercerita siswa sebelum menggunakan strategi think-talk-write berbantuan
video animasi menunjukan bahwa untuk tahap awal tergolong rendah yakni 16
orang siswa 76,19% memiliki nilai dibawah KKM yang telah ditentukan.
Sedangkan siswa yang memperoleh dnilai diatas KKM sebanyak 5 orang siswa
23,80%. Rata-rata kelas menunjukan bahwa hasil tes kemampuan bercerita
siswa masih rendah yakni sebesar 58,99 dengan nilai KKM sebesar 70. 2)
penerapan pembelajaran kemampuan bercerita dikatagorikan sangat baik. 3)
kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi think-talk-write berbantuan
video animasi menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I
rata-rata kemampuan bercerita siswa secara klasikal 68,78 dengan jumlah
siswa yang tuntas sebesar 52,38%, pada siklus II rata-rata kemampuan
bercerita secara klasikal 85,98 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar
90,47%. 4) terdapat peningkatan kemampuan bercerita menggunakan strategi
think-talk-write berbantuan video animasi dari 52,38% menjadi 90,47% selisih
peningkatannya sebesar 38,9%.