PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 01 RAWAK HULU KABUPATEN SEKADAU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Nufuz, Khayatun
dc.date.accessioned 2023-09-20T11:56:47Z
dc.date.available 2023-09-20T11:56:47Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3738
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi berdasarkan permasalahan pada kelas V SD Negeri 01 Rawak Hulu Kabupaten Sekadau pada kemampuan bercerita di tema 6 sub tema 4. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik melalui penerapan strategi think-talk-write berbantuan media video animasi pada tema 6 sub tema 4 di kelas V SD Negeri 01 Rawak Hulu Kabupaten Sekadau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian kelas yang kolaboratif. Adapun tahapan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi dan tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisisnya dengan cara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) kemampuan bercerita siswa sebelum menggunakan strategi think-talk-write berbantuan video animasi menunjukan bahwa untuk tahap awal tergolong rendah yakni 16 orang siswa 76,19% memiliki nilai dibawah KKM yang telah ditentukan. Sedangkan siswa yang memperoleh dnilai diatas KKM sebanyak 5 orang siswa 23,80%. Rata-rata kelas menunjukan bahwa hasil tes kemampuan bercerita siswa masih rendah yakni sebesar 58,99 dengan nilai KKM sebesar 70. 2) penerapan pembelajaran kemampuan bercerita dikatagorikan sangat baik. 3) kemampuan bercerita setelah menggunakan strategi think-talk-write berbantuan video animasi menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata kemampuan bercerita siswa secara klasikal 68,78 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 52,38%, pada siklus II rata-rata kemampuan bercerita secara klasikal 85,98 dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 90,47%. 4) terdapat peningkatan kemampuan bercerita menggunakan strategi think-talk-write berbantuan video animasi dari 52,38% menjadi 90,47% selisih peningkatannya sebesar 38,9%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Bercerita en_US
dc.subject Strategi Think-Talk-Write en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD NEGERI 01 RAWAK HULU KABUPATEN SEKADAU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account