Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta
didik kelas kontrol materi rantai dan jaring-jaring makanan. 2) Hasil belajar
peserta didik kelas eksperimen. 3) Langkah-langkah penggunaan model
pembelajaran kooperatif type team assisted individualization. 4) perbandingan
hasil belajar peserta didik materi rantai dan jaring-jaring makanan menggunakan
model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization. 5) Pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen jenis rancangan quasi eksperimen, sumber data pada penelitian ini
terdiri dari sumber primer yaitu peserta didik kelas VA dan VB dan sumber
sekunder yaitu observasi dan dokumentasi. teknik pengambilan sampel yaitu total
sampling. Teknik pengumpulan data berupa Tes, Observasi, dan teknik
Dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa, Lembar tes pilihan ganda, lembar
observasi, dan kamera. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis
deskriptif dan analisis inferensial dengan proses kerjanya yang dipaparkan secara
sistenatis dan faktual apa adanya.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1). Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran
kooperatif type team assisted individualization diperoleh kelas kontrol yaitu nilai
sebesar 47,46 kategori tinggi, dan kelas eksperimen nilai sebesar 61,6 kategori
rendah. 2). Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran
kooperatif type team assisted individualization diperoleh kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran nilai sebesar 73,6 kategori tinggi, dan kelas
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran nilai sebesar 74,93 kategori
tinggi 3.) Penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik
dilakukan selama dua kali pertemuan untuk menguji model pembelajaran yang
akan diteliti. 4). Perbandingan hasil belajar menggunakan uji t untuk mengetahui
perbandingannya yaitu sebesar 0,003 menunjukkan signifikan < (α) (0,05). 5).
Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar, untuk mengetahui besar
pengarauh R Square = 0,003 × 100% = 0,3%, sisanya 99,7% dipengaruhi oleh
sebab-sebab lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.