PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Juannisa, Juannisa
dc.date.accessioned 2023-09-20T11:43:03Z
dc.date.available 2023-09-20T11:43:03Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3737
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol materi rantai dan jaring-jaring makanan. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen. 3) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization. 4) perbandingan hasil belajar peserta didik materi rantai dan jaring-jaring makanan menggunakan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization. 5) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis rancangan quasi eksperimen, sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer yaitu peserta didik kelas VA dan VB dan sumber sekunder yaitu observasi dan dokumentasi. teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengumpulan data berupa Tes, Observasi, dan teknik Dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa, Lembar tes pilihan ganda, lembar observasi, dan kamera. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan proses kerjanya yang dipaparkan secara sistenatis dan faktual apa adanya. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1). Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization diperoleh kelas kontrol yaitu nilai sebesar 47,46 kategori tinggi, dan kelas eksperimen nilai sebesar 61,6 kategori rendah. 2). Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif type team assisted individualization diperoleh kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran nilai sebesar 73,6 kategori tinggi, dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran nilai sebesar 74,93 kategori tinggi 3.) Penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan selama dua kali pertemuan untuk menguji model pembelajaran yang akan diteliti. 4). Perbandingan hasil belajar menggunakan uji t untuk mengetahui perbandingannya yaitu sebesar 0,003 menunjukkan signifikan < (α) (0,05). 5). Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar, untuk mengetahui besar pengarauh R Square = 0,003 × 100% = 0,3%, sisanya 99,7% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Cooperatif Type Team Assisted Individualization en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account