Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta
didik kelas III MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan
media animasi dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2 di kelas III MIN
2 Pontianak; 2) motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan media
animasi dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2 di kelas III MIN 2
Pontianak; 3) pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap
motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2
di kelas 3 MIN 2 Pontianak.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.
Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PreExperimental design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah semua peserta didik
yang ada di kelas III di MIN 2 Pontianak. Sampel penelitian ini yaitu peserta
didik kelas III MIN 2 Pontianak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah lembar angket, lembar observasi, dan dokumen. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan uji hipotesis paired sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar peserta
didik sebelum menggunakan media animasi (pretest) memperoleh motivasi
belajar yaitu 26%. Berdasarkan perhitungan nilai interpretasi skala
pengukuran motivasi belajar peserta didik tersebut tergolong rendah; 2)
motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan media animasi (posttest)
memperoleh motivasi belajar yaitu 62%. Berdasarkan perhitungan nilai
interpretasi skala pengukuran motivasi belajar peserta didik tersebut
tergolong tinggi; 3) terdapat pengaruh penggunaan media animasi dalam
pembelajaran termatik terhadap motivasi belajar tema 4 subtema 2 kelas III
MIN 2 Pontianak, maka media animasi dinyatakan berpengaruh yang
signifikan terhadap motivasi belajar.