PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Framita, Framita
dc.date.accessioned 2023-09-20T10:38:25Z
dc.date.available 2023-09-20T10:38:25Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3733
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas III MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media animasi dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2 di kelas III MIN 2 Pontianak; 2) motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan media animasi dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2 di kelas III MIN 2 Pontianak; 3) pengaruh yang signifikan penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 subtema 2 di kelas 3 MIN 2 Pontianak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PreExperimental design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang ada di kelas III di MIN 2 Pontianak. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas III MIN 2 Pontianak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar angket, lembar observasi, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan media animasi (pretest) memperoleh motivasi belajar yaitu 26%. Berdasarkan perhitungan nilai interpretasi skala pengukuran motivasi belajar peserta didik tersebut tergolong rendah; 2) motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan media animasi (posttest) memperoleh motivasi belajar yaitu 62%. Berdasarkan perhitungan nilai interpretasi skala pengukuran motivasi belajar peserta didik tersebut tergolong tinggi; 3) terdapat pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran termatik terhadap motivasi belajar tema 4 subtema 2 kelas III MIN 2 Pontianak, maka media animasi dinyatakan berpengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Animasi en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran Tematik en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TEMA 4 SUBTEMA 2 KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account