Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Peranan guru dalam
proses pembelajaran untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik. 2) Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk mengatasi
kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. 3) Faktor-faktor yang
menjadi pendu kung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data pada pada penelitian ini terdiri dari sumber
primer yaitu guru kelas V A dan V B dan sumber sekunder yaitu observasi dan
dokumentasi di sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada
penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
yang dipaparkan secara sistematis, aktual, dan faktual.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peranan guru dalam proses pembelajaran
untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran tematik yaitu, menggunakan
bahan ajar lebih dari satu, menggunakan media yang menarik, menciptakan
suasan kelas yang nyaman, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan
jam dan tugas tambahan, memotivasi peserta didik, dan mengevaluasi peserta
didik dengan melakukan tes. 2) Langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan
belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yaitu, mengobservasi langsung
kepada peserta didik, mendiagnosa penyebab kesulitan belajar, melakukan
perbaikan memberikan pengulangan materi, menggunakan media, metode dan jam
tambahan, dan melakukan tes. 3) Faktor yang menjadi pendukung guru dalam
mengatasi kesulitan belajar yaitu, fasilitas dan sarana prasarana sekolah yang
memadai, lingkungan sekolah yang kondusif, dan pola asuh orang tua yang baik.
Sedangkan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu,
alokasi waktu yang masih kurang, minat belajar peserta didik yang masih kurang
dan anak belum menyadari pentingnya belajar.