Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji perbedaan hasil belajar dalam
pembelajaran IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas V
dengan menggunakan model problem based learning menggunakan metode Quasi
Experimental Design dengan jenis Desain Pretest-Posttest Test Control Group
Design, 2) populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V
dengan 2 kelas yang terdiri dari kelas A dan B yang memiliki sebanyak 46 peserta
didik, 3) sampel yang terpilih di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB
sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik sample random sampling. 4)
alat pengumpul data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda dan
essay, lembar observasi, dan handphone untuk dokumentasi kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Swasta Kabupaten Mempawah.
Hasil penelitian kemudian dianalisa menggunakan bantuan SPSS 16,0
menggunakan paired sample test hasil belajar pretest di kelas eksperimen dan
kelas kontrol diperoleh uji-t sig. (2-tailed) adalah 0,017 < 0,05 yang terdiri dari 46
peserta didik, maka hasil belajar peserta didik pretest dinyatakan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik
sebelum menggunakan model problem based learning pembelajaran IPA terhadap
hasil belajar setelah menggunakan model problem based learning. Sedangkan
membandingan selisih besar kenaikan skor antara pretest-posttest di kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan perhitungan uji mann whitney diperoleh
nilai sig. (2-tailed) 0,275 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak atau dengan kata
lain terdapat perbedaan pada hasil belajar dari nilai pretest-posttest hasil belajar
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
nilai hasil selisih di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang artinya ada pengaruh
penggunaan model Problem Based Learning Pembelajaran IPA terhadap hasil
belajar kelas V MIS Al-Multazam Kabupaten Mempawah.
Dari perhitungan effect size pada hasil belajar posttest di kelas eksperimen
dan kelas kontrol diperoleh sebesar 70,63, maka effect size pada model problem
based learning memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar pada
pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta posttest masuk ke dalam
kategori tinggi. Hal ini menunjukkan seberapa besar pengaruh Al-Multazam
Kabupaten Mempawah.