PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-MULTAZAM KABUPATEN MEMPAWAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Nengsih, Desi Setia
dc.date.accessioned 2023-09-20T01:59:16Z
dc.date.available 2023-09-20T01:59:16Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3729
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas V dengan menggunakan model problem based learning menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan jenis Desain Pretest-Posttest Test Control Group Design, 2) populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan 2 kelas yang terdiri dari kelas A dan B yang memiliki sebanyak 46 peserta didik, 3) sampel yang terpilih di kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik sample random sampling. 4) alat pengumpul data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda dan essay, lembar observasi, dan handphone untuk dokumentasi kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kabupaten Mempawah. Hasil penelitian kemudian dianalisa menggunakan bantuan SPSS 16,0 menggunakan paired sample test hasil belajar pretest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh uji-t sig. (2-tailed) adalah 0,017 < 0,05 yang terdiri dari 46 peserta didik, maka hasil belajar peserta didik pretest dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model problem based learning pembelajaran IPA terhadap hasil belajar setelah menggunakan model problem based learning. Sedangkan membandingan selisih besar kenaikan skor antara pretest-posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perhitungan uji mann whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,275 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak atau dengan kata lain terdapat perbedaan pada hasil belajar dari nilai pretest-posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil selisih di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang artinya ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning Pembelajaran IPA terhadap hasil belajar kelas V MIS Al-Multazam Kabupaten Mempawah. Dari perhitungan effect size pada hasil belajar posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar 70,63, maka effect size pada model problem based learning memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta posttest masuk ke dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan seberapa besar pengaruh Al-Multazam Kabupaten Mempawah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Pembelajaran IPA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-MULTAZAM KABUPATEN MEMPAWAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account