Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas
IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang karena kurangnya model dan media
pembelajaran yang menarik serta dapat membuat peserta didik lebih aktif. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
tematik tema 5 pahlawanku sebelum diterapkan model pembelajaran project based
learning dengan video animasi di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda
Sintang tahun ajaran 2022/2023; 2) Pelaksanaan penggunaan model pembelajaran
project based learning dengan video animasi di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2022/2023; 3) Pengaruh penggunaan model
pembelajaran project based learning dengan video animasi terhadap hasil belajar
peserta didik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran
2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan
eksperimentasi Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group
Design. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV A dan kelas IV B
Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang. Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu Teknik pengukuran berbentuk tes tertulis dengan soal essay dan
observasi dengan instrumen berbentuk check list. Untuk menganalisis data penelitian
maka peneliti menguji normalitas data pretest dan posttest, setelah diuji data yang
diperoleh tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji non parametrik U
Man Whitney.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) penggunaan model
pelajaran project based learning dengan video animasi pada tema 5 pahlawanku
materi IPS perjuangan para pahlawan telah dilaksanakan dengan sangat baik yang
diamati langsung oleh peneliti dan memiliki nilai persentase sebesar 95%. Langkahlangkahnya dengan pemberian soal test dengan tujuan untuk mengetahui tujuan
ketercapaian pada pembelajaran yang telah ditentukan; 2) Pada kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata pretest 52,38 dan nilai rata-rata posttest 87,62. Sedangkan di
kelas kontrol yang diajarkan dengan media konvensional memiliki nilai rata-rata
pretest 43,33 dan nilai rata-rata posttest 73,33; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan
dalam penggunaan model pembelajaran project based learning dengan video
animasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema 5 pahlawanku
subtema 1 perjuangan para pahlawan materi IPS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Thoriqul Huda Sintang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil analisis non parametrik U Man Whitney menggunakan Software SPSS 22, dapat dilihat dari
nilai sig. 0.014 < 0.05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat
pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect
Size 0,69.