PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.author Prawita, Asti Fadhillah
dc.date.accessioned 2023-09-20T01:24:36Z
dc.date.available 2023-09-20T01:24:36Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3727
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang karena kurangnya model dan media pembelajaran yang menarik serta dapat membuat peserta didik lebih aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 5 pahlawanku sebelum diterapkan model pembelajaran project based learning dengan video animasi di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2022/2023; 2) Pelaksanaan penggunaan model pembelajaran project based learning dengan video animasi di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2022/2023; 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning dengan video animasi terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan eksperimentasi Quasi Experimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sumber data pada penelitian ini yaitu sampel kelas IV A dan kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik pengukuran berbentuk tes tertulis dengan soal essay dan observasi dengan instrumen berbentuk check list. Untuk menganalisis data penelitian maka peneliti menguji normalitas data pretest dan posttest, setelah diuji data yang diperoleh tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji non parametrik U Man Whitney. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) penggunaan model pelajaran project based learning dengan video animasi pada tema 5 pahlawanku materi IPS perjuangan para pahlawan telah dilaksanakan dengan sangat baik yang diamati langsung oleh peneliti dan memiliki nilai persentase sebesar 95%. Langkahlangkahnya dengan pemberian soal test dengan tujuan untuk mengetahui tujuan ketercapaian pada pembelajaran yang telah ditentukan; 2) Pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 52,38 dan nilai rata-rata posttest 87,62. Sedangkan di kelas kontrol yang diajarkan dengan media konvensional memiliki nilai rata-rata pretest 43,33 dan nilai rata-rata posttest 73,33; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran project based learning dengan video animasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran tematik tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan materi IPS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Sintang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil analisis non parametrik U Man Whitney menggunakan Software SPSS 22, dapat dilihat dari nilai sig. 0.014 < 0.05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan mempunyai pengaruh yang besar berdasarkan Effect Size 0,69. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Video Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account