Abstract:
Permasalahan penelitian ini membahas mengenai Pertama, bagaimana
hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Kedua bagaimana hasil
belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas eksperimen yang
menggunakan model pembelajaran Index Card Match, Ketiga, apakah ada
pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar materi
komponen ekosistem kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
Index Card Match. Berdasarkan masalah tersebut, maka secara umum penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Index
Card Match terhadap hasil belajar peserta didik materi komponen yang
menggunakan model pembelajaran Index Card Match di ekosistem kelas V di
Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 36
Pontianak Selatan dengan sumber data adalah siswa kelas V. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik pengukuran dan dokumentasi.
Alat pengumpulan data lembar tes. Analisis data menggunakan analysis
instrument dan analisis pengaruh.
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama,
kemampuan hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas kontrol
pada saat melakukan posttest kelas kontrol memperoleh mean (rata-rata nilai
hitung) sebesar 46,06 dengan presentase ketuntasan sebesar 3% yang berada
pada kategori rendah. Kedua, Hasil belajar peserta didik materi komponen
ekosistem kelas eksperimen Pada saat melakukan posttest kelas eksperimen
memperoleh mean (rata-rata nilai hitung) sebesar 88,22 dengan presentasi
ketuntasan 100% yang berada pada kategori sangat tinggi. Ketiga, penggunaan
model pembelajaran Index Card Match berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas V yang signifikan
ditunjukan dengan hasil 0,000<0,005. Besar peningkatannya adalah posttes
(88,17) – pretest (54,94) = 47,76%.