PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SDN 36 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Al Bakri, Al Bakri
dc.date.accessioned 2023-09-20T01:00:55Z
dc.date.available 2023-09-20T01:00:55Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3725
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini membahas mengenai Pertama, bagaimana hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Kedua bagaimana hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match, Ketiga, apakah ada pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar materi komponen ekosistem kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Berdasarkan masalah tersebut, maka secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik materi komponen yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match di ekosistem kelas V di Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan dengan sumber data adalah siswa kelas V. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar tes. Analisis data menggunakan analysis instrument dan analisis pengaruh. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama, kemampuan hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas kontrol pada saat melakukan posttest kelas kontrol memperoleh mean (rata-rata nilai hitung) sebesar 46,06 dengan presentase ketuntasan sebesar 3% yang berada pada kategori rendah. Kedua, Hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas eksperimen Pada saat melakukan posttest kelas eksperimen memperoleh mean (rata-rata nilai hitung) sebesar 88,22 dengan presentasi ketuntasan 100% yang berada pada kategori sangat tinggi. Ketiga, penggunaan model pembelajaran Index Card Match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik materi komponen ekosistem kelas V yang signifikan ditunjukan dengan hasil 0,000<0,005. Besar peningkatannya adalah posttes (88,17) – pretest (54,94) = 47,76%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Index Card Match en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SDN 36 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account