Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara
peserta didik. Hal tersebut didasarkan pada kurangnya ide untuk diceritakan,
kurangnya kosa kata untuk mengekspresikan ide, kurangnya kesempatan untuk
berbicara, dan kurangnya media pengajaran yang menarik yang dapat memotivasi
mereka untuk berbicara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1), Kemampuan
berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 1 pelajaran Bahasa
Indonesia kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara sebelum menggunakan media
komik edukatif. 2), Kemampuan berbicara peserta didik dalam pembelajaran
tematik tema 1 pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara
setelah menggunakan media komik edukatif. 3), seberapa pengaruh media komik
edukatif terhadap kemampuan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik
tema 1 pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen, desain penelitiannya pre-experimental design. Lokasi penelitian di
SDN 31 Pontianak Tenggara Sepakat II blok H. sumber datanya adalah peserta
didik kelas III. Teknik pengumpul data berupa teknik tes dan dokumentasi.
Alatnya berupa tes lisan dan dokun, foto, dll. Analisis data menggunakan analisis
intrumen, uji prasyarat dn uji hipotesis.
Hasil penelitian ini: 1), Kemampuan berbicara sebelum menggunakan
media komik edukatif terdapat nilai rata-rata sebesar 52,12. 2), Kemampuan
berbicara setelah menggunakan media komik edukatif terdapat nilai rata-rata
sebesar 70,00. 3), Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media
komik edukatif ditunjukan dengan hasil nilai t hitung > t tabel (5.506>2060) dan
nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05
maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media komik edukatif
terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN 31 Pontianak
Tenggara Tahun Pelajaran 2022/2023.