PENGARUH MEDIA KOMIK EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.author Elsianti, Winarti
dc.date.accessioned 2023-08-07T03:08:48Z
dc.date.available 2023-08-07T03:08:48Z
dc.date.issued 2022-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3500
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara peserta didik. Hal tersebut didasarkan pada kurangnya ide untuk diceritakan, kurangnya kosa kata untuk mengekspresikan ide, kurangnya kesempatan untuk berbicara, dan kurangnya media pengajaran yang menarik yang dapat memotivasi mereka untuk berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1), Kemampuan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 1 pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara sebelum menggunakan media komik edukatif. 2), Kemampuan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 1 pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara setelah menggunakan media komik edukatif. 3), seberapa pengaruh media komik edukatif terhadap kemampuan berbicara peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 1 pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitiannya pre-experimental design. Lokasi penelitian di SDN 31 Pontianak Tenggara Sepakat II blok H. sumber datanya adalah peserta didik kelas III. Teknik pengumpul data berupa teknik tes dan dokumentasi. Alatnya berupa tes lisan dan dokun, foto, dll. Analisis data menggunakan analisis intrumen, uji prasyarat dn uji hipotesis. Hasil penelitian ini: 1), Kemampuan berbicara sebelum menggunakan media komik edukatif terdapat nilai rata-rata sebesar 52,12. 2), Kemampuan berbicara setelah menggunakan media komik edukatif terdapat nilai rata-rata sebesar 70,00. 3), Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media komik edukatif ditunjukan dengan hasil nilai t hitung > t tabel (5.506>2060) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media komik edukatif terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN 31 Pontianak Tenggara Tahun Pelajaran 2022/2023. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Komik Edukatif en_US
dc.subject Kemampuan Berbicara en_US
dc.title PENGARUH MEDIA KOMIK EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account