Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Hasil belajar
Matematika Materi Pecahan sebelum Menggunakan Pendekatan Matematika
Realistik (PMR) pada peserta didik kelas IV; 2) Penggunaan PMR; 3) Hasil belajar
Matematika Materi Pecahan sesudah Penggunaan PMR; 4) Peningkatan hasil
belajar setelah Penggunaan PMR.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
pendekatan kuantitatif desain Pretest-Posttest Control Groub Design. Lokasi
penelitian ini bertempat di SD Negeri 31 Pontianak Tenggara dengan sumber
datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah lembar observasi, lembar tes dan elektronical device. Teknik analisis data
yang dilakukan mencangkup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis
pengaruh.
Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum
Penggunaan PMR pada siklus I kelas tindakan 55,00 siklus II sebesar 73,50. Pada
kelas kontrol siklus I 46,40 siklus II 61,60; 2) Penggunaan PMR telah terlaksana
100%; 3) Hasil belajar sesudah Penggunaan PMR pada kelas tindakan siklus I 62,00
siklus II 73,50. Kelas kontrol siklus I 54,80 siklus II 61,60; 4) Hasil belajar peserta
didik dari hasil analisis berpasangan dapat dilihat bahwa kelas tindakan siklus I
peningkatannya signifikan sebesar 7 dan siklus II juga signifikan sebesar 11,5.
Untuk kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 8,4 siklus II juga
signifikan sebesar 7 dari selisih pretest ke posttes.Setelah dianalisis dengan analisis
uji t sampel bebas dapat dilihat peningkatan signifikannya dari selisih kelas
tindakan-kontrol pada siklus I pretest sebesar 8,6 signifikan dan posttest siklus I
sebesar 7,2 signifikan dan pada siklus II posttest nya sebesar 11,9 signifikan.
Dengan demikian dari 2 siklus ini peningkatan dari 2 siklus lebih signifikan
peningkatannya di kelas tindakan dibanding kelas kontrol. Sama-sama mengalami
peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih tinggi peningkatannya. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari
Penggunaan PMR pada hasil belajar peserta didik.