PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Qodriyandani, Umi
dc.date.accessioned 2023-08-07T02:55:46Z
dc.date.available 2023-08-07T02:55:46Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3499
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: 1) Hasil belajar Matematika Materi Pecahan sebelum Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada peserta didik kelas IV; 2) Penggunaan PMR; 3) Hasil belajar Matematika Materi Pecahan sesudah Penggunaan PMR; 4) Peningkatan hasil belajar setelah Penggunaan PMR. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif desain Pretest-Posttest Control Groub Design. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 31 Pontianak Tenggara dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas IV. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan elektronical device. Teknik analisis data yang dilakukan mencangkup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum Penggunaan PMR pada siklus I kelas tindakan 55,00 siklus II sebesar 73,50. Pada kelas kontrol siklus I 46,40 siklus II 61,60; 2) Penggunaan PMR telah terlaksana 100%; 3) Hasil belajar sesudah Penggunaan PMR pada kelas tindakan siklus I 62,00 siklus II 73,50. Kelas kontrol siklus I 54,80 siklus II 61,60; 4) Hasil belajar peserta didik dari hasil analisis berpasangan dapat dilihat bahwa kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 7 dan siklus II juga signifikan sebesar 11,5. Untuk kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 8,4 siklus II juga signifikan sebesar 7 dari selisih pretest ke posttes.Setelah dianalisis dengan analisis uji t sampel bebas dapat dilihat peningkatan signifikannya dari selisih kelas tindakan-kontrol pada siklus I pretest sebesar 8,6 signifikan dan posttest siklus I sebesar 7,2 signifikan dan pada siklus II posttest nya sebesar 11,9 signifikan. Dengan demikian dari 2 siklus ini peningkatan dari 2 siklus lebih signifikan peningkatannya di kelas tindakan dibanding kelas kontrol. Sama-sama mengalami peningkatan tetapi kelas tindakan jauh lebih tinggi peningkatannya. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari Penggunaan PMR pada hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendekatan Matematika Realistik en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan en_US
dc.title PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 31 PONTIANAK TENGGARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account