Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: 1) Prestasi belajar
peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia sebelum menggunakan model
pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang; 2) Prestasi
belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia setelah menggunakan
model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang;
3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan
media teka-teki silang terhadap prestasi belajar peserta didik materi organ gerak
hewan dan manusia kelas V SDN 04 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023.
Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif
dengan metode penelitian eksperimen khususnya pre-experimental dengan
menggunakan desain one group pretest posttest. Penelitian yang berlokasi di SDN
04 Pontianak timur dengan waktu penelitian mulai dari April 2022 sampai Februari
2023. Adapun yang menjadi populasi yaitu peserta didik kelas VA yang berjumlah
38 orang. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan model
pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS)
dengan variabel terikat yaitu prestasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu observasi, tes dan studi dokumen dengan alat
pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar soal dan electronical device.
Sementara teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan melakukan analisis
instrument, statistik deskriptif, statistik inferensial, regresi, uji t dan analisis
korelasi. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai test peserta didik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa: 1) Sebelum diberi perlakuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta
didik maka diperoleh prestasi belajar pretest materi organ gerak hewan dan manusia
masih belum mencapai ketuntasan KKM dengan perolehan nilai rata-rata 54,92;
2) Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Course
Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS) maka diperoleh prestasi
belajar posttest peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia sudah melebihi
ketuntasan KKM dengan perolehan nilai rata-rata 81,13; 3) Berdasarkan
pemeriksaan asumsi terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course
Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS) terhadap prestasi belajar
peserta didik kelas V SDN 04 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023 dengan
besar pengaruh yaitu 37,1%.