PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Weniarti, Sri
dc.date.accessioned 2023-08-07T01:39:18Z
dc.date.available 2023-08-07T01:39:18Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3496
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: 1) Prestasi belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia sebelum menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang; 2) Prestasi belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang; 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang terhadap prestasi belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia kelas V SDN 04 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen khususnya pre-experimental dengan menggunakan desain one group pretest posttest. Penelitian yang berlokasi di SDN 04 Pontianak timur dengan waktu penelitian mulai dari April 2022 sampai Februari 2023. Adapun yang menjadi populasi yaitu peserta didik kelas VA yang berjumlah 38 orang. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS) dengan variabel terikat yaitu prestasi belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan studi dokumen dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar soal dan electronical device. Sementara teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan melakukan analisis instrument, statistik deskriptif, statistik inferensial, regresi, uji t dan analisis korelasi. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai test peserta didik. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Sebelum diberi perlakuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik maka diperoleh prestasi belajar pretest materi organ gerak hewan dan manusia masih belum mencapai ketuntasan KKM dengan perolehan nilai rata-rata 54,92; 2) Setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS) maka diperoleh prestasi belajar posttest peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia sudah melebihi ketuntasan KKM dengan perolehan nilai rata-rata 81,13; 3) Berdasarkan pemeriksaan asumsi terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media teka-teki silang (TTS) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V SDN 04 Pontianak Timur tahun pelajaran 2022/2023 dengan besar pengaruh yaitu 37,1%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Course Review Horay en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account