Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui aktivitas belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 sebelum digunakan model
make a match divariasikan dengan media diorama kelas IV MIN 1
Pontianak, 2) untuk mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan model
kooperatif tipe make a match divariasikan dengan media diorama kelas IV
MIN 1 Pontianak, 3) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik
materi IPS setelah digunakan model make a match divariasikan dengan
media diorama kelas IV MIN 1 Pontianak, 4) untuk mengetahui apakah
terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah
digunakan model kooperatif tipe make a match divariasikan dengan media
diorama dalam materi IPS kelas IV MIN 1 Pontianak.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi/pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV MIN 1 Pontianak tahun pelajaran 2022-2023 dengan
jumlah 40 peserta didik, terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 18 peserta
didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dalam penggunaan model kooperatif tipe make a
match divariasikan dengan media diorama ini aktivitas belajar peserta didik
menjadi lebih aktif dan mengalami peningkatan di setiap siklusnya, pada
penelitian ini aktivitas belajar peserta didik meningkat signifikan dari siklus
I mencapai persentase 53,45% (cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas
belajar peserta didik mencapai persentase 96% (sangat baik).