PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI IPS KELAS IV

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author Devi, Samara Thungga
dc.date.accessioned 2023-08-04T04:56:53Z
dc.date.available 2023-08-04T04:56:53Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3493
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 sebelum digunakan model make a match divariasikan dengan media diorama kelas IV MIN 1 Pontianak, 2) untuk mengidentifikasi langkah-langkah penggunaan model kooperatif tipe make a match divariasikan dengan media diorama kelas IV MIN 1 Pontianak, 3) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik materi IPS setelah digunakan model make a match divariasikan dengan media diorama kelas IV MIN 1 Pontianak, 4) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah digunakan model kooperatif tipe make a match divariasikan dengan media diorama dalam materi IPS kelas IV MIN 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN 1 Pontianak tahun pelajaran 2022-2023 dengan jumlah 40 peserta didik, terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dalam penggunaan model kooperatif tipe make a match divariasikan dengan media diorama ini aktivitas belajar peserta didik menjadi lebih aktif dan mengalami peningkatan di setiap siklusnya, pada penelitian ini aktivitas belajar peserta didik meningkat signifikan dari siklus I mencapai persentase 53,45% (cukup), sedangkan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mencapai persentase 96% (sangat baik). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Model Make a Match en_US
dc.subject Media Diorama en_US
dc.subject IPS en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI IPS KELAS IV en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account