Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) penggunaan strategi
picture and picture dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Ulum
Sungai Raya, 2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS
Miftahul Ulum Sungai Raya, 3) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran picture
and picture dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Sungai Raya, 4)
besaran signifikansi pengaruh penggunaan strategi pembelajaran picture and picture
terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Ulum
Sungai Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian
One-Group PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas
V yang terdiri dari 15 peserta didik yang sekaligus menjadi sampel. Maka digunakan
lah sampling jenuh. Lokasi penelitiannya adalah di MI Miftahul Ulum Sungai Raya
dan sumber datanya adalah peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah teknik Tes (pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji parametrik, uji
wilxocon, dan uji effect size.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penggunaan strategi
pembelajaran picture and picture telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah
tersebut. 2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V dengan nilai
rata-rata 50 dan presentase ketuntasan 20%. 3) terdapat pengaruh penggunan strategi
pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran IPA siswa yaitu dengan
signifikansi 0,00<0,05, 4) Besaran pengaruh penggunan strategi pembelajaran picture
and picture dalam mata pelajaran IPA dapat dilihat dari hasi uji effect size dihitung
dengan rumus cohen’s dengan hasil 1,7.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) pada pertemuan pertama
keterlaksanaan perlakuan penggunaan strategi picture and picture 88%, pada
pertemuan kedua 88%, pada pertemuan ketiga 100%. 2) hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran IPA siswa kelas V dengan nilai rata-rata 50 dan preseentase
ketuntasan 20%. 3) Pengaruh penggunan strategi pembelajaran picture and picture
dengan signifikansi 0,00<0,05. 4) Besaran pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat
dari hasi uji effect size yaitu 1,7 yang artinya sangat besar.