PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Mawardah, Robiatun
dc.date.accessioned 2023-08-04T04:40:46Z
dc.date.available 2023-08-04T04:40:46Z
dc.date.issued 2023-02
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3492
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) penggunaan strategi picture and picture dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Ulum Sungai Raya, 2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Ulum Sungai Raya, 3) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Sungai Raya, 4) besaran signifikansi pengaruh penggunaan strategi pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V MIS Miftahul Ulum Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One-Group PretestPosttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V yang terdiri dari 15 peserta didik yang sekaligus menjadi sampel. Maka digunakan lah sampling jenuh. Lokasi penelitiannya adalah di MI Miftahul Ulum Sungai Raya dan sumber datanya adalah peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Tes (pretest-posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji parametrik, uji wilxocon, dan uji effect size. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penggunaan strategi pembelajaran picture and picture telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah tersebut. 2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V dengan nilai rata-rata 50 dan presentase ketuntasan 20%. 3) terdapat pengaruh penggunan strategi pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran IPA siswa yaitu dengan signifikansi 0,00<0,05, 4) Besaran pengaruh penggunan strategi pembelajaran picture and picture dalam mata pelajaran IPA dapat dilihat dari hasi uji effect size dihitung dengan rumus cohen’s dengan hasil 1,7. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) pada pertemuan pertama keterlaksanaan perlakuan penggunaan strategi picture and picture 88%, pada pertemuan kedua 88%, pada pertemuan ketiga 100%. 2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V dengan nilai rata-rata 50 dan preseentase ketuntasan 20%. 3) Pengaruh penggunan strategi pembelajaran picture and picture dengan signifikansi 0,00<0,05. 4) Besaran pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasi uji effect size yaitu 1,7 yang artinya sangat besar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Picture and Picture en_US
dc.subject Hasil Belajar IPA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account