Abstract:
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA yang
terdapat di kelas VB SDN 02 Pontianak Utara dipengaruhi beberapa
faktor,di antaranya yaitu guru cenderung menggunakan metode ceramah,
peserta didik juga kurang dalam memperhatikan ketika pembelajaran
berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengidentifikasi hasil
belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi mind mapping dalam
pembelajaran Tematik Tema 4 pelajaran IPA kelas VB di SDN 02
Pontianak Utara tahun ajaran 2022/2023 (2) mengidentifikasi tahapan
penerapan strategi mind mapping dalam pembelajaran tematik tema 4
pelajaran IPA pada peserta didik kelas VB di SDN 02 Pontianak Utara
tahun ajaran 20220/2023 (3) mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah
diterapkan strategi mind mapping dalam pembelajaran tematik tema 4
pembelajaran IPA kelas VB di SDN 02 Pontianak Utara tahun ajaran
2022/2023.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tidakan Kelas. Sumber data
penelitian ini adalah peserta didik kelas VB. Teknik dan alat yang
digunakan untuk mengumpulan data adalah teknik tes, teknik observasi dan
teknik dokumentasi.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa (1) hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi mind
mapping adalah nilai rata-rata hasil belajar peserta didik 57,9 dengan
persentase ketuntasan 37,9% (2) tahap penerapan strategi mind mapping
peneliti melakukan kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II sesuai
dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan materi Sistem
Peredaran Darah Manusia dan Hewan pada pembelajaran IPA berdasarkan
kurikulum K13 dan tahap-tahap pada strategi mind mapping (3) hasil belajar
peserta didik sesudah diterapkannya strategi mind mapping mengalami
peningkatan dengan persentase 34,5%. Pada siklus I dari 29 peserta didik
yang tuntas hanya 16 orang dengan persentase 55% dan yang tidak tuntas 13
orang dengan persentase 45% dengan rata-rata 45,5. Sedangkan pada siklus
II dari total 29 peserta didik yang tuntas 26 orang dengan persentase 89,6%
dan yang tidak tuntas hanya 3 orang dengan persentase 10,3% dengan rata-rata 82,6.