Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di MIS Nurul Hasanah Kabupaten Sambas.
Penelitian ini memiliki tujuan umum yaiut untuk mendeskripsikan penerapan
metode diskusi dalam elajaran Bahasa Indonesia Kelas V di MIS Nurul
Hasanah Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Selain itu tujuan
khusus dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan persiapan yang
diperlukan dalam penerapan metode diskusi mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas V, (2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode
diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V, (3) Untuk
mendeskripsikan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas V setelah diterapkan metode diskusi di MIS Nurul Hasanah Kabupaten
Sambas Tahun Ajaran 2022/2023?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu:
“Suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data
yang ada di lapangan”. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia
dan peserta didik kelas V tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 30
peserta didik. Untuk merancang proses penelitian, peneliti menggunakan
metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa data dalam penelitian ini
adalah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan peneltian ini adalah (1) Persiapan yang dilakukan sebelum
menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V
adalah membuat RPP, menyusun materi, menentukan pendekatan,
menentukan model, serta menentukan strategi pembelajaran yang digunakan
agar pembelajaran terarah dengan baik. (2) Langkah-langkah yang digunakan
saat menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di
kelas V adalah menentukan materi yang akan dipelajari, membagi peserta
didik menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok diberi materi untuk
didiskusikan, kemudian setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi. (3)
Hasil yang didapatkan setelah menerapkan metode diskusi dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MIS Nurul Hasanah Kabupaten
Sambas adalah metode diskusi membuat peserta didik lebih bersemangat atau
termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.