Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui hasil belajar peserta
didik sebelum penggunaan metode ceramah berbantuan video animasi; 2)
mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penggunaan metode ceramah
berbantuan video animasi; 3) mengetahui adanya penggunaan yang signifikan
metode ceramah berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).Penelitian ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest
setelah diberi perlakuan. Lokasi penelitian di SD Negeri 20 Semelagi Besar.
Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 31 peserta
didik. Sampel penelitian ini yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial
menggunakan uji paired t-test (uji t dua sampel berpasangan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik
Sekolah Dasar Negeri 20 Semelagi Besar sebelum penggunaan metode ceramah,
berbantuan video animasi adalah dengan rata-rata 61,19 dengan kategori kurang.
(2) Hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar Negeri 20 Semelagi Besar setelah
diterapkan metode ceramah berbantuan video animasi adalah dengan rata-rata
73,65 dengan kategori cukup, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan
metode ceramah berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan