PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 SEMELAGI BESAR

Show simple item record

dc.contributor.advisor Amin, Faizal
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Nurhida, Nurhida
dc.date.accessioned 2023-08-04T01:05:41Z
dc.date.available 2023-08-04T01:05:41Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3485
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penggunaan metode ceramah berbantuan video animasi; 2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah penggunaan metode ceramah berbantuan video animasi; 3) mengetahui adanya penggunaan yang signifikan metode ceramah berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Lokasi penelitian di SD Negeri 20 Semelagi Besar. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 31 peserta didik. Sampel penelitian ini yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji paired t-test (uji t dua sampel berpasangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar Negeri 20 Semelagi Besar sebelum penggunaan metode ceramah, berbantuan video animasi adalah dengan rata-rata 61,19 dengan kategori kurang. (2) Hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar Negeri 20 Semelagi Besar setelah diterapkan metode ceramah berbantuan video animasi adalah dengan rata-rata 73,65 dengan kategori cukup, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan metode ceramah berbantuan video animasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Video Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Kelas V en_US
dc.subject Operasi Hitung en_US
dc.title PENGGUNAAN METODE CERAMAH BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 SEMELAGI BESAR en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account