Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan strategi pembelajaran dan
media pembelajaran yang belum maksimal sehingga menjadi salah satu penyebab
peserta didik kurang aktif dalam belajar.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis
Pengaruh Strategi Giving Questions And Getting Answer dengan Berbantuan
Media Batang Cuisenaire Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik di Kelas
Eksperimen Dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Di Kelas 1 Madrasah
Ibtidaiyah Unggulan Singkawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini
termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta
didik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Singkawang. Teknik pengumpulan
data penelitian ini yang adalah teknik observasi alat lembar observasi dan
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan
teknik analisis uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa : 1) aktivitas belajar sebelum menggunakan strategi giving questions and
getting answer dengan berbantuan media batang cuisenaire di kelas eksperimen
memiliki skor rata-rata aktivitas belajar kategori cukup yaitu 50,25; 2) langkahlangkah strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media
batang cuisenaire memperolehan skor kesesuaian sebesar 100% sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam lembar observasi; 3) aktivitas
belajar peserta didik setelah menggunakan strategi giving questions and getting
answer dengan berbantuan media batang cuisenaire aktivitas belajar peserta didik
pada kelas kontrol setelah pembelajaran tematik tema 3 memiliki skor rata-rata
kategori cukup yaitu 70 dan pada kelas eksperimen memiliki skor rata-rata
aktivitas belajar kategori sangat baik yaitu 82,75; 4) terdapat pengaruh pengunaan
strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media batang
cuisenaire terhadap aktivitas belajar peserta didik pada kelas eskperimen Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis uji Regresi diketahui skor t- hitung aktivitas belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik tema 3 adalah -15,822 dengan Sig.(2-
tailed) 0,000. Jika Sig. (2-tailed) 0,00 ˂ 0,05