PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER BERBANTUAN MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.author Wulandari, Nur
dc.date.accessioned 2023-08-03T04:00:58Z
dc.date.available 2023-08-03T04:00:58Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3484
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang belum maksimal sehingga menjadi salah satu penyebab peserta didik kurang aktif dalam belajar.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh Strategi Giving Questions And Getting Answer dengan Berbantuan Media Batang Cuisenaire Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik di Kelas Eksperimen Dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Singkawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Singkawang. Teknik pengumpulan data penelitian ini yang adalah teknik observasi alat lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan teknik analisis uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : 1) aktivitas belajar sebelum menggunakan strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media batang cuisenaire di kelas eksperimen memiliki skor rata-rata aktivitas belajar kategori cukup yaitu 50,25; 2) langkahlangkah strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media batang cuisenaire memperolehan skor kesesuaian sebesar 100% sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam lembar observasi; 3) aktivitas belajar peserta didik setelah menggunakan strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media batang cuisenaire aktivitas belajar peserta didik pada kelas kontrol setelah pembelajaran tematik tema 3 memiliki skor rata-rata kategori cukup yaitu 70 dan pada kelas eksperimen memiliki skor rata-rata aktivitas belajar kategori sangat baik yaitu 82,75; 4) terdapat pengaruh pengunaan strategi giving questions and getting answer dengan berbantuan media batang cuisenaire terhadap aktivitas belajar peserta didik pada kelas eskperimen Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji Regresi diketahui skor t- hitung aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 3 adalah -15,822 dengan Sig.(2- tailed) 0,000. Jika Sig. (2-tailed) 0,00 ˂ 0,05 en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi giving questions and getting answer en_US
dc.subject media batang cuisenaire en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER BERBANTUAN MEDIA BATANG CUISENAIRE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account