Abstract:
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik
tentang penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita di kelas
IV SDN 34 Pontianak Selatan. Tujuan khusus dalam penelitian ini terbagi menjadi
4 yaitu, (1) mengidentifikasi penggunaan video animasi dalam pembelajaran
menyimak cerita mudah dipahami oleh peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak
Selatan; (2) mengidentifikasi video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita
memiliki gambar yang jelas menurut peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak
Selatan; (3) mengidentifikasi suara didalam video animasi terdengar dengan jelas
oleh peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan; (4) mengidentifikasi
peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan tertarik pada penggunaan video
animasi dalam pembelajaran menyimak cerita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini ialah 148 orang peserta
didik. Teknik sampel yang digunakan ialah teknik simple random sampling, dengan
jumlah sampel yang dihitung menggunakan tabel morgan yakni, berjumlah 108
orang peserta didik. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu, (1) Teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul
data berupa angket. (2) Teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data
pedoman wawancara tidak terstruktur, dan (3) teknik dokumentasi dengan alat
pengumpul data berupa foto dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif. Uji validitas instrumen
penelitian berdasarkan validitas isi. Uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s
alpha dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,799 sehingga intrumen
dapat dikatakan reliabel.
Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rata-rata persepsi
peserta didik tentang penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak
cerita yaitu, pertama, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video
animasi mudah dipahami memperoleh skor rata-rata 95.5% dengan kategori sangat
baik. Kedua, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi
memiliki gambar yang jelas memperoleh skor nilai rata-rata 96.3% dengan kategori
sangat baik. Ketiga, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi
suara yang terdengar jelas dengan skor rata-rata 97.7% berkategori sangat baik.
Keempat, untuk persepsi peserta didik yang tertarik pada penggunaan video animasi
memiliki skor rata-rata 96.95% berkategori sangat baik.