PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA DI KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Wahidah, Andina Nurul
dc.contributor.author Maharani, Nisa
dc.date.accessioned 2023-08-03T03:53:00Z
dc.date.available 2023-08-03T03:53:00Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3483
dc.description.abstract Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan. Tujuan khusus dalam penelitian ini terbagi menjadi 4 yaitu, (1) mengidentifikasi penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita mudah dipahami oleh peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan; (2) mengidentifikasi video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita memiliki gambar yang jelas menurut peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan; (3) mengidentifikasi suara didalam video animasi terdengar dengan jelas oleh peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan; (4) mengidentifikasi peserta didik di kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan tertarik pada penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini ialah 148 orang peserta didik. Teknik sampel yang digunakan ialah teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel yang dihitung menggunakan tabel morgan yakni, berjumlah 108 orang peserta didik. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, (1) Teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa angket. (2) Teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data pedoman wawancara tidak terstruktur, dan (3) teknik dokumentasi dengan alat pengumpul data berupa foto dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validitas isi. Uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach’s alpha dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,799 sehingga intrumen dapat dikatakan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai rata-rata persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi dalam pembelajaran menyimak cerita yaitu, pertama, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi mudah dipahami memperoleh skor rata-rata 95.5% dengan kategori sangat baik. Kedua, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi memiliki gambar yang jelas memperoleh skor nilai rata-rata 96.3% dengan kategori sangat baik. Ketiga, untuk persepsi peserta didik tentang penggunaan video animasi suara yang terdengar jelas dengan skor rata-rata 97.7% berkategori sangat baik. Keempat, untuk persepsi peserta didik yang tertarik pada penggunaan video animasi memiliki skor rata-rata 96.95% berkategori sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan en_US
dc.subject Video Animasi en_US
dc.subject Pembelajaran Menyimak Cerita en_US
dc.title PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA DI KELAS IV SDN 34 PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account