Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
dikelas pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :1) proses pembelajaran sebelum
penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada mata pelajaran
IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023 2)
hasil belajar setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM)
pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun
Pelajaran 2022/2023 3) peningkatan hasil belajar setelah penerapan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN
02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan empat tahap penelitian yang di mulai dengan perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data berupa lembar
observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasil belajar sebelum penerapan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) materi ekosistem di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir prasiklus
dengan persentase 60 % dengan kategori C dan peserta didik yang belum
mencapai KKM dengan persentase 40%, setelah menerapkan Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA) materi ekosistem di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir pada siklus I
mencapai nilai ketuntasan dengan persentase 70% dengan kategori B (Baik) dan
siklus II 83% peserta didik yang telah mencapai nilai ketuntasan dengan kategori
A (Sangat baik).