PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 02 MUNGGUK SEKADAU HILIR TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Awlia, Nazyadia
dc.date.accessioned 2023-08-03T03:45:14Z
dc.date.available 2023-08-03T03:45:14Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3482
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikelas pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :1) proses pembelajaran sebelum penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023 2) hasil belajar setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023 3) peningkatan hasil belajar setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap penelitian yang di mulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasil belajar sebelum penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ekosistem di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir prasiklus dengan persentase 60 % dengan kategori C dan peserta didik yang belum mencapai KKM dengan persentase 40%, setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ekosistem di kelas V SDN 02 Mungguk Sekadau Hilir pada siklus I mencapai nilai ketuntasan dengan persentase 70% dengan kategori B (Baik) dan siklus II 83% peserta didik yang telah mencapai nilai ketuntasan dengan kategori A (Sangat baik). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penerapan Stretegi en_US
dc.subject SPBM en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 02 MUNGGUK SEKADAU HILIR TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account