Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah di kelas IV MIS
Darussalam Kota Pontianak yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dalam
menyelesaikan soal cerita matematika. Salah satu faktor yang memengaruhinya
adalah model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan
penggunaan model pembelajaran PBL Tujuan penelitian ini adalah
mengungkapkan hasil belajar pada penyelesaian soal cerita sebelum dan sesudah
menerapkan model PBL, menjelaskan langkah-langkah pelaksanaannya serta
melihat hasil belajar menyelesaikan soal cerita setelah menerapkan model PBL.
Menjawab penelitian ini, digunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang
terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan dan
dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat
pengumpul data yang digunakan yaitu: 1) Lembar observasi; 2) dokumentasi
proses pembelajaran, bahan ajar, dan arsip tertulis yang berhubungan dengan
objek yang akan di teliti; 3) Instrument tes berupa soal cerita serta melalui teknik
pengumpulan data secara observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada
penyelesaian soal cerita di kelas IV mulai dari siklus I sampai dengans siklus II
secara berurutan yaitu 50% dan 66,67%.
Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
pada setiap siklus pertama dan kedua. Dengan demikian penelitian menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil
belajar dalam penyelesaian soal cerita matematika.