Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan tentang: (1) prestasi belajar peserta
didik sebelum dilaksanakan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan
penerapan model snowball throwing di kelas tindakan dan pembelajaran biasa di kelas
kontrol; (3) prestasi belajar peserta didik sesudah dilaksanakan pembelajaran, dan; (4)
peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi pecahan sederhana setelah
pelaksanaan pembelajaran baik di kelas tindakan maupun kelas kontrol di kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan
kuantitatif dan desain Pretest and Posttest With Control Grup. Lokasi penelitian ini di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas
IV yaitu kelas IV B sebagai kelas tindakan dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang
dipilih secara random dari 5 kelas yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi dan pengukuran dengan alat berupa lembar observasi dilengkapi Electronical Device, serta lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data
mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh.
Berdasarkan hasil analisis data, temuan dan pembahasannya dapat disimpulkan
bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran (pretest),
pada kelas kontrol siklus I nilai rata-ratanya sebesar 46,2, pada kelas tindakan siklus I
nilai rata-ratanya adalah 54,2; 2) Pembelajaran di kelas tindakan menggunakan model
snowball throwing yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya. Sedangkan di
kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran seperti biasa; 3) Prestasi belajar peserta didik
setelah dilaksanakan pembelajaran (hasil posttest) untuk kelas kontrol siklus I diperoleh
nilai rata-rata sebesar 77,0 dan siklus II sebesar 78,2. Untuk kelas tindakan siklus I
diperoleh nilai rata-rata 82,6 dan siklus II sebesar 87,2; 4) Berdasarkan hasil analisis
dengan uji sampel berpasangan untuk kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan
sebesar 26,2 dan siklus II juga signifikan dengan peningkatan 20,8. Untuk kelas tindakan
siklus I peningkatannya signifikan sebesar 24,4 dan siklus II juga signifikan dengan
peningkatan sebesar 27,4. Hasil uji sampel bebas memperlihatkan bahwa peningkatan di
kelas tindakan dan kontrol pada siklus pertama tidak berbeda signifikan, namun
signifikan pada siklus II dimana peningkatan di kelas tindakan lebih baik dibandingkan
dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan
yang signifikan dari penerapan snowball throwing pada prestasi belajar peserta didik
dibandingkan dengan peningkatan di kelas kontrol yang diajar secara biasa.