PENERAPAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Lestari, Indah Ayu
dc.date.accessioned 2023-08-03T02:14:47Z
dc.date.available 2023-08-03T02:14:47Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3477
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan tentang: (1) prestasi belajar peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model snowball throwing di kelas tindakan dan pembelajaran biasa di kelas kontrol; (3) prestasi belajar peserta didik sesudah dilaksanakan pembelajaran, dan; (4) peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi pecahan sederhana setelah pelaksanaan pembelajaran baik di kelas tindakan maupun kelas kontrol di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pretest and Posttest With Control Grup. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV yaitu kelas IV B sebagai kelas tindakan dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang dipilih secara random dari 5 kelas yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pengukuran dengan alat berupa lembar observasi dilengkapi Electronical Device, serta lembar tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data mencakup analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis pengaruh. Berdasarkan hasil analisis data, temuan dan pembahasannya dapat disimpulkan bahwa: 1) Prestasi belajar peserta didik sebelum dilaksanakan pembelajaran (pretest), pada kelas kontrol siklus I nilai rata-ratanya sebesar 46,2, pada kelas tindakan siklus I nilai rata-ratanya adalah 54,2; 2) Pembelajaran di kelas tindakan menggunakan model snowball throwing yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya. Sedangkan di kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran seperti biasa; 3) Prestasi belajar peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran (hasil posttest) untuk kelas kontrol siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,0 dan siklus II sebesar 78,2. Untuk kelas tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata 82,6 dan siklus II sebesar 87,2; 4) Berdasarkan hasil analisis dengan uji sampel berpasangan untuk kelas kontrol siklus I peningkatannya signifikan sebesar 26,2 dan siklus II juga signifikan dengan peningkatan 20,8. Untuk kelas tindakan siklus I peningkatannya signifikan sebesar 24,4 dan siklus II juga signifikan dengan peningkatan sebesar 27,4. Hasil uji sampel bebas memperlihatkan bahwa peningkatan di kelas tindakan dan kontrol pada siklus pertama tidak berbeda signifikan, namun signifikan pada siklus II dimana peningkatan di kelas tindakan lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan snowball throwing pada prestasi belajar peserta didik dibandingkan dengan peningkatan di kelas kontrol yang diajar secara biasa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Snowball Throwing en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.subject Pecahan Sederhana en_US
dc.title PENERAPAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account