Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang
nilainya belum mencapai KKM pada pembelajaran tematik tema 1 muatan
pelajaran IPA materi “Organ Gerak pada Hewan”. Nilai yang belum
mencapai KKM itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya
adalah model pembelajaran serta media yang digunakan tidak bervariasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan: 1)
Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A
Match berbantuan media Microsoft PowerPoint. 2) Prestasi belajar peserta
didik. 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
Make A Match berbantuan media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi
belajar peserta didik kelas V.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya di SD Negeri
12 Sp4 Pandan dan SD Negeri 14 Sp7 Pandan dengan sumber datanya adalah
peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, pengukuran, dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar observasi dan video pembelajaran, lembar tes, dan
mechanical device. Analisis data yang dilakukan adalah analisis instrumen,
analisis deskriptif, dan analisis regresi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft Power Point telah
digunakan 100% dengan kategori sangat baik. 2) Prestasi belajar saat pretest
di kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 45,75 dan saat posttest naik
menjadi 78,50. Sedangkan kelas kontrol saat pretest diperoleh rata-rata nilai
50,42 dan saat posttest naik menjadi 64,58. 3) Berdasarkan analisis data,
diperoleh nilai Sig. = 0,000 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Karena nilai
Sig. < α = (0,05), maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft
PowerPoint terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik
tema 1 di kelas V dengan besar pengaruh sebesar 26,7%.