PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor H, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Nofiasari, Fifi
dc.date.accessioned 2023-08-03T01:29:06Z
dc.date.available 2023-08-03T01:29:06Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3474
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM pada pembelajaran tematik tema 1 muatan pelajaran IPA materi “Organ Gerak pada Hewan”. Nilai yang belum mencapai KKM itu dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya adalah model pembelajaran serta media yang digunakan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan: 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft PowerPoint. 2) Prestasi belajar peserta didik. 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk kuasi eksperimen. Lokasi penelitiannya di SD Negeri 12 Sp4 Pandan dan SD Negeri 14 Sp7 Pandan dengan sumber datanya adalah peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, pengukuran, dan studi dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan video pembelajaran, lembar tes, dan mechanical device. Analisis data yang dilakukan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft Power Point telah digunakan 100% dengan kategori sangat baik. 2) Prestasi belajar saat pretest di kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 45,75 dan saat posttest naik menjadi 78,50. Sedangkan kelas kontrol saat pretest diperoleh rata-rata nilai 50,42 dan saat posttest naik menjadi 64,58. 3) Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai Sig. = 0,000 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Karena nilai Sig. < α = (0,05), maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 1 di kelas V dengan besar pengaruh sebesar 26,7%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penggunaan Model Make A Match en_US
dc.subject Media Microsoft PowerPoint en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account