Abstract:
Pembelajaran IPA dikelas masih terpusat pada pendidik, pendidik pernah sesekali
menempatkan peserta didik dalam kelompok diskusi, namun pembelajaran berkelompok
tidak dijadikan pembiasaan dan lebih sering pendidik yang menyampaikan materi
pelajaran secara lisan, pendidik belum melibatkan peserta didik secara langsung dalam
proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar
peserta didik yang di ajar menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning
pada materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran
2022/2023; 2) Prestasi belajar peserta didik yang di ajar tanpa menggunakan strategi
pembelajaran guided discovery learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran 2022/2023; 3) Besarnya perbedaan yang
signifikan pada prestasi belajar materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided discovery learning
tahun ajaran 2022/2023; 4) Besarnya pengaruh penggunaan strategi guided discovery
learning terhadap prestasi belajar materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan populasi seluruh
peserta didik kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini acak kelas.
Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas
V D kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t.
Pengelolahan data dari hasil menelitian ini yaitu: 1) Prestasi belajar peserta didik
materi klasifikasi hewan di kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 pada
kelas A (Eksperimen) yang menggunakan strategi pembelajaran guided discovery
learning sebesar 74.00 (Kategori tinggi); 2) Prestasi belajar peserta didik materi
klasifikasi hewan di kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kelas D
(Kontrol) yang tidak menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning
sebesar 71.01 (Kategori tinggi); 3) Besarnya perbedaan pada prestasi belajar materi
klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 yang menggunakan dan tidak
menggunakan strategi guided discovery learning tahun ajaran 2022/2023 yaitu 2.99; 4)
Besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran guided discovery learning terhadap
prestasi peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V MIN 2 Pontianak Tahun
Pelajaran 2022/2023 adalah sebesar 10,4%.