PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Novita, Fani
dc.date.accessioned 2023-08-03T01:12:01Z
dc.date.available 2023-08-03T01:12:01Z
dc.date.issued 2023-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3472
dc.description.abstract Pembelajaran IPA dikelas masih terpusat pada pendidik, pendidik pernah sesekali menempatkan peserta didik dalam kelompok diskusi, namun pembelajaran berkelompok tidak dijadikan pembiasaan dan lebih sering pendidik yang menyampaikan materi pelajaran secara lisan, pendidik belum melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar peserta didik yang di ajar menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran 2022/2023; 2) Prestasi belajar peserta didik yang di ajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning pada materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran 2022/2023; 3) Besarnya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided discovery learning tahun ajaran 2022/2023; 4) Besarnya pengaruh penggunaan strategi guided discovery learning terhadap prestasi belajar materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas V. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V D kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Pengelolahan data dari hasil menelitian ini yaitu: 1) Prestasi belajar peserta didik materi klasifikasi hewan di kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kelas A (Eksperimen) yang menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning sebesar 74.00 (Kategori tinggi); 2) Prestasi belajar peserta didik materi klasifikasi hewan di kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 pada kelas D (Kontrol) yang tidak menggunakan strategi pembelajaran guided discovery learning sebesar 71.01 (Kategori tinggi); 3) Besarnya perbedaan pada prestasi belajar materi klasifikasi hewan di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi guided discovery learning tahun ajaran 2022/2023 yaitu 2.99; 4) Besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran guided discovery learning terhadap prestasi peserta didik pada materi klasifikasi hewan di Kelas V MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebesar 10,4%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Guided Discovery Learning en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account