Abstract:
Berdasarkan observasi di SDN 12 Dusun Besar, ditemukan beberapa
siswa yang heterogen, terdiri dari berbagai latar belakang yang majemuk
dan beragam, baik dari agama, suku, ras, bahasa, maupun jenis kelamin. Di
antaranya adalah Islam dan Khonghucu, kemudian terdiri dari etnis Melayu,
Cina, dan Jawa. Di kelas V SDN 12 Dusun Besar terdapat 11 orang yang
masing-masing beragama terdiri dari Islam 9 orang dan Khonghucu 2 orang,
kemudian etnis Melayu 7 orang, China 2 orang, dan Jawa 2 orang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi implementasi dari pendidikan multikultural untuk
menumbuhkan sikap toleransi peserta didik di SDN 12 Dusun Besar
Kecamatan Pulau Maya, metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan penelitian bentuk kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PKN, dan
peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tahapan
analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi
pendidikan multikultural di SDN 12 Dusun Besar Kecamatan Pulau Maya
untuk menumbuhkan sikap toleransi siswa sudah diterapkan, ditandai
dengan adanya sikap saling menghargai, menghormati pada peserta didik.
Pada perencanaan pendidikan multikultural mengandung nilai-nilai
keberagaam dalam pembuatan silabus maupun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran. Pada pelaksanaan pendidikan multikultural terdapat adanya
penguatan nilai-nilai keberagaman. Pada evaluasi implementasi pendidikan
multikultural untuk menumbuhkan sikap toleransi terdapat adanya rasa
saling menghargai, menghormati, dan kebersamaan dalam diri peserta didik.